Masalah Sosial di Indonesia dan Solusi

  1. Masalah sosial di Indonesia

 Disini saya akan membahas tentang masalah sosial di Indonesia, dewasa ini masalah sosial menjadikan salah satu momok bagi kehidupan bangsa di Indonesia ini, Masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur – unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.

Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.

Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, yakni antara lain :

1. Faktor Ekonomi   : Kemiskinan

2. Faktor Budaya      : Perceraian, kenakalan remaja

3. Faktor Biologis     : Penyakit menular, keracunan makanan

4. Faktor Psikologis : Penyakit syaraf, aliran sesat          

            Tetapi disini saya hanya akan membahas satu dari ke empat faktor diatas yaitu pada nomor 1 faktor ekonomi yaitu kemiskinan. Bias di bilang kemiskinan adalah salah satu penyebab dari segala masalah. Di Indonesia kemiskinan sudah menjadi kronis, jika orang tua miskin pasti anaknya kebanyakan juga dipaksa untuk miskin, kemiskinan sudah menjadi suatu ancaman yang serius bagi bangsa Indonesia, kemiskinan juga menyebabkan kriminalitas di Negara Indoneisa, dan lain sebagainya.

            Tingkat pendidikan Indonesia juga terbilang rendah. Sekolah reot atau rusak, pendidikan tidak merata dll. Tingkat pendidikan juga menjadi penyebab masalah sosial, anak – anak tidak mampu sekolah dikarenakan dengan alas an tidak memiliki biaya yang cukup, banyak orang tua yang melarang anaknya untuk sekolah karenabagi mereka lebih baik mencari uang dari pada sekolah. Dan pada akhirnya timbul masalah sosial yang baru. Jika semua masalah sosial tersebut ingin diselesaikan. Maka yang pertama dibenahi adalah pendidikan dan peminimalisasikan rate kemiskinan/pengangguran.

 2.    Solusi masalah sosial

 Adanya perhatian dari pemerintah, bagaimana pembukaan lapangan pekerjaan yang layak. Dan juga peningkatan mutu pendidikan di semua lapisan masyarakat, dan pembinaan mengenai teknik akan pekerjaan yang di berikan pada masyarakat.

 


About this entry