Agar Blog WordPress dapat Terdeteksi di Search Engine

setelah cukup lama saya mencari tutorial “cara agar wordpress dapat terdeteksi di search engine” akhirnya saya menemukan juga caranya,, caranya dengan cara memverifikasi blog kita ke salah satu search engine seperti : google, bing, yahoo, dsb.

saya tidak akan panjang lebar,, langsung saja ke tutorialnya :

1. Anda harus punya akun di search engine terlebih dahulu, misal : google.com, yahoo.com, bing.com

2. Buka halaman situs

– Google Webmaster Tools : https://www.google.com/webmasters/tools

– Yahoo! Site Explorer : http://siteexplorer.search.yahoo.com/

– Bing Webmaster Center : http://www.bing.com/webmaster

3. Di setiap halaman tool webmaster tersebut (google, yahoo, bing), silahkan submit URL blog anda. Selanjutnya akan diberikan metode verifikasi. Pilih metode verifikasi (verification method) menggunakan Meta Tag, dan nantinya akan diberikan kode meta tag yang harus ditempatkan pada blog.

4. Setelah itu buka tab baru di browser, lalu login ke blog WordPress.com anda, lalu masuk ke menu Perkakas/tools. Lalu lihat bagian bawah menu perkakas/tools disana terlihat Webmaster Tools Verification, diantaranya ada 3 situs search engine. Nah sekarang masukan kode yang telah diberikan situs2 tersebut (jangan salah masukan/sesuai dengan situsnya). Lalu “simpan perubahan” atau bahasa inggris-nya “save changes”.

5. Kembali lagi ke halaman tools webmaster pada ketiga search engine tadi (google, yahoo, bing) untuk melakukan verifikasi kode yang baru saja dimasukkan pada blog wordpress.com, dengan cara klik tombol “Verify” di Google, tombol “Ready to Authenticate” di Yahoo, dan tombol “Return to Site List” di Bing.

Kalau blog anda sudah berhasil diverifikasi, akan anda pemberitahuan bahwa blog sudah terdaftar (Verified/Authenticated).

selamat mencoba !!!


About this entry